Rabu, 24 Mei 2017

Catatan Tampilan Dakwah Mahasiswa UIN Rd.Intan Lampung


Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Publisistik UIN Rd. Intan B. Lampung menyelenggarakan PKL dalam bentuk dakwah. Mereka dibagi menjadi tiga kelompok masing masing kelompok  nampaknya terdiri atas belasan orang mahasiswa, tetapi yang tampil di panggung hanya empat orang dalam setiap kali tampilan, mereka terdiri dari pembawa acara, pembaca tilawah, penceramah dan seorang pembaca doa. Dan salah satu masjid yang mereka kunjungi adadalah Musholla kami Al-Jihad perumahan Korpri Raya Sukarame Bandar Lampung, Lampung. Dan saya adalah sebagai salah seorang jama'ah yang sempat mengikuti ketiga tampilan yang mereka selenggarakan setiap dua minggu sekali itu.

Bernasib baik saya dapat menghadiri tiga tampilan oleh tiga kelompokyang berbeda sehingga saya dapat mengumpulkan sejumlah catatan secara relatif lengkap, tetapi ini hanya catatan, bukan evaluasi atau semacamnya, karena saya merasa tak memiliki kompetensi yang memenuhi syarat untuk bertindak sebagai pemberi evaluasi. Inihanya sekedar catatan pribadi, semacam buku harian yang saya sematkan di blog milik pribadi, artinya mungkin ini merupakan pendatapat subjektif pribadi saya saja.

Umum.
Karena mereka tampil secara tim, menurut saya maka apa yang akan mereka tampilkan adalah dalam satu tema yang sama sama dipahami batasannya oleh masing masing Tim. Ketika pembawa acara mengambil waktu maka manfaat waktu  itu untuk menjelaskan apa maksudpertemuan, dan target apa yang mereka harapkan. Ketika pembaca tilawah tampil maka bawakanlah ayat ayat yang terkait dengan tema, demikian juga dengan doa maka konten doa harus juga terkait tema. Tetapi ketika tim ini tidak ada yang melakukan itu.

Khusus.
Yang saya maksudkan catanatan khusus adalah khusu dengan konten dakwah yang mereka sampaikan. Jika saya diberikan kebebasan menilai maka saya akan memberikan nilai dengan A,B,C,D dan E. dengan batasan A 100 dan E 60. maka nilai yang mereka dapatkan dalam penilaian sumbjektif saya adalah kelompok 1 dengan nilai C, kelompok 2 dengan E dan kelompok 3 dengan nilai C. Dengan penjelasan sebagai berikut :
Kelompok 1. Nilia C atau 80 pertimbangan
-. Diawal pembicaraan telah dijelaskan apa tema bahasan yang akan disampaikan. Pada saat itu        
   dijelaskan bahwa temanya adalah syukur, tetapi waktu untuk menjelaskan tentang sykur hanya
   sekitar 30% kali waktu yang digunakannya, sisanya bias.


Tidak ada komentar: