Senin, 03 Juli 2017

UMMAT MEMBUTUHKAN PERSATUAN ULAMA



Bersatunya ulama di Indonesia bukan hanya akan bermanfaat besar bagi seluruh Ummat Islam tetapi merupakan sesuatu yang sangat mahal bagi Bangsa Indonesia secara keseluruhan. Karena bersatunya ulama Indonesia justeru memudahkan komunikasi kebangsaan baik antar sesama ummat Islam maupun antara Islam dengan pihak lainnya antar sesama bangsa Indonesia. Akhir akhir ini semakin nampak kebutuhan ummat Islam akan kepemimpinan para ulama, sehingga perbedaan antar satu ulama dan ulama yang lain bukan saja akan membingungkan ummat, tetapi pada saatnya nanti akan terbukti bahwa ummat Islam akan mencari kepemimpinanyang lain yang jauh dari keterikatannya kepada ajaran ajaran agama.

Adalah suatu kenyataan pahit yang harus diterima ketika para ulama lebih menonjolkan perbedaan dan bahkan ketidaksukaannya kepada kelompok lain selain akan menimbulkan permasalahan hubungan antar ummat sebagai pengikut masing masing ulama karena tertanam rasa ketidak sukaan terhadap ulama yang banyak diikuti oleh ummat Islam yang lain, yang nantinya tidak tertutup kemungkinan justeru masing masing ummat justeru mempertunjukkan ketidak sukaan kepada masing masing ulama yang seyogyanya menjadi ikutan masing masing ummat.

Kita akan sangat menyesalkan bila ulama satu mengoreksi ulama lain hanya menyangkut masalah yang sangat tidak prinsip, tetapi lebih kita sesalkan lagi sebagai pembenaran atas perbedaan sikap tadi ternyata meluas kepada hal hal yang justeru sangat prinsip sekali, antara lain yaitu kesanggupan memutar balikkan ayat ayat al-Quran  sehingga sanggup membenarkan yang salah dan menyalahkan yang benar. Ketika perkembangan ke tahap ini sejatinya bukan hanya tidak menyukai ulama lain, melainkan telah melakukan perlawanan kepada Allah, dan itu semua diketahui secara jelsa dan terang benderang di mata ummat.

Sebaiknya ulama ulama yang berseberangan itu hendaknya bersatu kembali, masih memiliki waktu untuk bertaubat keoada Allah agar Allah menunjukkan yang benar itu benar di mata kita, dan Allah menunjukan salah itu juga salah di mata kita dan kita diberikan oleh Allah kekuatan untuk menegakkan kebenaran dan persatuan serta mengalahkan kebatiulan, terutama yang ada di hati kita.

Tidak ada komentar: