Sabtu, 29 Juli 2017

ALASAN SYAR'IYAH KETIKA MUSLIM BERSIKAP...



Seorang Muslim itu harus berbuat sesuai tuntunan syari'at Islam, segala sesuatunya harus melalui pertimbangan syar'i, bukan menunjukkan hawa nafsu keserakahan keinginan berkuasa, dan ketidak sukaan terhadap orang lain manakala didapatkan perbedaan dengannya. Manakala ada perbedaan maka lakukanlah pembicaraan bersama dari hati ke hati penuh kasih sayang, sebagaimana dalam Islam dianjurkan tabayyun. Manakala mereka yang seolah memiliki sikap berbeda dengan kita maka berpulanglah ke ajaran pokok Islam, manakala perbedaan itu hanya masalah furu'iyah, masalah yang remeh temeh saja, maka janganlah perbedaan itu di besar besarkan.

Manakala terjadi perbedaan dengan pihak lain sesama umat Islam seharusnya kita harus pandai pandai mengevaluasi diri terlebih dahulu, bukan sebaliklnya sibuk mengevaluasi pihak lain dengan vonis keslahan besar atau dibesar besarkan. Padahal perbedaan itu hanya masalah cabang ranting kecil, furu'iyah. Tidak ada masalah besar dalam masalah furu'iyah.

Yang dibutuhkan seorang ini adalah rasa persatuan dan kesatuan ulama Islam, hal ini beranjak dari masalah ummat Islam yang tak terpecahkan, sehingga jumlah ummat Islam yang sekarang mengalami penurunan baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Sekolah sekolah Islam masih sulit untuk menyamai sekolah non muslim dalam kualitatif ataupun kuantitatif, dakwah Islam masih belum berdaya untuk menyentuh mereka yang membutuhkan sentuhan da;i yang berkualitas. Secara jelas nyata dimata kita bahwa kualitas dan kuantitas Politik Islam di Indonesia menunjukkan kualitas dalam grafik menurun.

Antar ormas Islam janganlah mau dijadikan perdator bagi organisasi lainnya, jangankan menjadi predator, menjadi kompetitorpun jangan. Bisa anda bayangkan bila ada satu organisasi yang berhasil merekomendasikan organisasi lainnya dibubarkan. lalu dia hadiri di Indonesia hanya sendiri saja, atau organisasi yang senada saja yang ada. Ditinjau dari nada lagu saja, maka sudah dapat dipastikan bahwa nada yang dihasilkan tak akan sempurna.

Dalam kesendirian itu bisa dipastikan dia tak akan memiliki kemampuan banyak dalam berbuat, karena hanya sendiri dalam berhadapan dengan pihak pihak yang sejatinya memang tak menyukai Islam, berfikir ulang merekomendasikan  pembubaran Ormas Islam lainnya, karena akan melemahkan Islam secara keseluruhan.

Tidak ada komentar: