Rabu, 25 Agustus 2010

PRASASTI ULUBELU

Prasasti Ulubelu
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Prasasti Ulubelu adalah salah satu dari prasasti peninggalan yang ditemukan di Ulubelu, Desa Rebangpunggung, Kotaagung, Lampung pada tahun 1936.Karena aksara yang digunakan serumpun dengan aksara sunda kuno prasasti ini sering dianggap sebagai peninggalan Kerajaan Sunda, satu anggapan yang terburu-buru mengingat aksara seperti paku dalam prasasti ini (aksara ka ga nga) merupakan aksara sumatera yang juga digunakan sebagai aksara batak, rejang, dan lampung Isi prasasti berupa permintaan tolong kepada kepada dewa-dewa utama yaitu Batara Guru (Siwa), Brahma, dan Wisnu. Selain itu juga kepada dewa penguasa air, tanah, dan pohon agar menjaga keselamatan dari semua musuh (Lasmidara, 2003: 9).


Lokasi
Prasasti Ulubelu disimpan di Museum Nasional dengan nomor inventaris D.154.

Jenis bahan
Prasasti Ulubelu digoreskan pada batu alam (kecil).

Isi
Aksara yang tertulis pada prasasti Ulubelu sangat tipis dan kecil, keadaan aksaranya juga sangat aus serta rusak. Batu pada bagian tengah patah, namun masih memperlihatkan gaya paku seperti aksara Batak dan dan bentuk aksara Sunda Kuno. Gaya aksara yang menjadi cikal-bakal aksara Lampung pada manuskrip kulit (dalung) pada abad berikutnya hingga sekarang. .

Rujukan

Richadiana Kartakusuma (1991), Anekaragam Bahasa Prasastidi Jawa Barat Pada Abad Ke-5Masehi sampai Ke-16 Masehi: Suatu Kajian Tentang Munculnya Bahasa Sunda. Tesis (yang diajukan sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Magister dalam bidang Arkeologi). Fakultas Pasca Sarjana Universitas Indonesia.

Tidak ada komentar: