Senin, 16 Agustus 2010

NASKAH KUNO AKSARA LAMPUNG DIPAMERKAN DI MUSEUM JAMBI

Pameran Naskah Kuno Sedot Perhatian
Metro Jambi
Ditulis oleh wra
Selasa, 04 Agustus 2009 18:17
Pameran Naskah Kuno Sedot Perhatian

KOTA JAMBI – Pameran naskah-naskah kuno dan buku langka di Perpustakaan Wilayah Provinsi Jambi menyedot perhatian pengunjung. Pemeran yang berlangsung sejak kemarin (3/8), itu bekerja sama dengan Perpustakaan Nasional RI.

Sediktinya ada sepuluh koleksi naskah kuno dan 30 koleksi buku langka serta beberapa koleksi foto Jambi di masa dulu dipamerkan. Termasuk koleksi foto-foto Orang Rimba atau Suku Anak Dalam.

Koleksi naskah kuno itu ditulis dalam berbagai aksara dan bahasa daerah, seperti aksara Jawa yang disebut dengan Jejawen. Aksara Sunda Kuno, aksara Bali, aksara Arab Melayu, aksara Batak, aksara Madura, Lampung, dan sebagainya.

“Koleksi naskah kuno itu merupakan sebagian dari koleksi yang dimiliki Perpustakaan Nasional RI,” jelas Ketua Koleksi Naskah Perpustakaan Wilayah Provinsi Jambi Sanuari kemarin.

Untuk diketahui, naskah-naskah kuno yang tersimpan di Perpustakaan Nasional RI Jakarta adalah naskah yang berasal dari ratusan tahun lalu. Ada naskah yang ditulis di daun lontar, kulit binatang, kulit kayum dan di atas kertas Eropa kuno. “Itu disimpan di perpustakaan dan tidak bisa dipindahkan,” kata Sanuari.

Sedangkan buku-buku langka yang dipamerkan adalah buku-buku abad ke-18 dari berbagai disiplin ilmu. Juga kumpulan foto mengenai ilustrasi Kota Jambi tempo dulu.

Pemeran itu diharapkan bisa mengenalkan sejarah nasional dan sejarah kebudayaan bangsa kepada genarasi muda saat ini. Dari pantauan Jambi Independent, buku dan naskah kuno itu dipajang di lantai 1 Perpustakan Wilayah dalan lemari kaca. Tak sedikit pengunjung yang bertanya soal koleksi langka itu.(wra)

Tidak ada komentar: