Sabtu, 30 Agustus 2014

ORKES Gammbus Rawaharum Pagelaran

Zaman itu sekitar tahun akhir enam puluhan Pagelaran kota kelahiranku masih gelap gulita, tak ada sinar listrik, namun demikian kami di desa itu bukan tidak bahagia, kami punya group kesenian termasuk diantaranya Group Orkes Gambus yang menghususkan melantunkan lagu lagu irama Arab, irama qosidah yang pada saat itu dipopulerkan oleh Rofiqoh Darto Wahab.
Menghidupkan kesenian Islam menjadi sangat strategis bagi kami di kecamatan Pagelaran untuk mengimbangi kesenian kesnian yang sering dipentaskan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI). Kelompok Partai Komunis yang satu ini gencar mempopulerkan partainya melalui kesenian, sehingga kelompo Islam di Kecamatan ini merasa perlu untuk menghidupkan kesenian yang juga berdasarkan dan bernuansakan Islam.


Jasa darto Wahab merekam dan mengedarkan lagu lagu kasidah saat itu terbilang terobosan yang berani, pada saat itu melantunkan lagu lagu semacam ini masih menjadi kontroversi, masih banyak pihak yang menharamkannya. Tetapi bila Islam tidak menghidupkan keseniannya, maka seni Partai Komunis akan meraja lela. tersebutlah pedukuhan yang kami kenal dengan nama Rawaharum, pedukuhan itulah yang mengharumkan seni Islam di Kecamatan Pagelaran. Tak pelak lagi lagu lagu yang dilantunkan oleh Rofiqoh dan teman teman menjadi koileksi lagu lagu yang dilantunkan oleh Group Orkes Gambus Rawa Harum ini, dukuh ini banyak dihuni oleh mereka yang berasal dari sekitar Banten Pandeglang dan lain lain, selain mereka pandai bermain orkes gambus, mereka juga memiliki group Seni Pencak Silat Trumbu, jadi para pemudanya selain belajar seni juga belajar silat banyak juga mereka yang cukup berprestasi dalam seni silat ini. Banyak tokojh yang menetap di Pedukuhan Rawaharum ini  sejatinya memang 'Jawara' memang sejak mereka nasih tinggal di Banten sana.
Di Kecamatan Pagelaran PKI memang berkembang pesat dan sudah cukup mencemaskan, banyak tokoh tokoh masyarakat di berbagai perdukuhan  di sekitar Pagelaran berhasil dirayu PKI untuk bergabung bersama mereka.
Masyarakat Muslim Pagelaran selain membentuk kesenian juga sebelumnya jugta telah mendirikan Madrasah yang diberi nama Madrasah wajib belajar (MWB).

Tidak ada komentar: